Kamis, 13 Oktober 2011

Contoh-Contoh Teori Etika

1. Etika Teleologi

Contoh :
"Saya mengerjakan tugas dari dosen , supaya mendapatkan nilai yang bagus"

*Contoh Egoisme Etis

“Qorri ingin menjadi yang terkenal diantara teman-teman yang lain di kelas oleh karena itu Qorri harus sering bertanya terus kepada dosen guna mencari perhatian.

*Contoh Utilitarianism

“Saya mengumpulkan dana dari para pejalan kaki untuk membantu orang-orang yang tidak mampu"

2. Deontologi

Contoh :

“Saya membantu anak-anak jalanan agar memiliki tempat tinggal di sisi lain bila dibantu terus menerus mereka jadi besar kepala , tetapi ini sudah menjadi kewajiban saya untuk membantu mereka".

3. Teori Hak

Contoh :

“Saya seorang mahasiswa yang tinggal di Negara Indonesia kewajiban saya sebagai warga Negara Indonesia adalah belajar dan hak saya sebagai warga Negara Indonesia adalah mendapatkan perlindungan dan mendapatkan keamanan yang layak”.

4. Teori Keutamaan

Contoh :

“Selain sebagai mahasiswa yang mempunyai tugas belajar saya juga mempunyai kehidupan yang baik dirumah karena saya mempunyai orang tua yang selalu adil dan bijaksana terhadap saya dan keluarga saya yang lainnya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar